PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
Cut Carbo : Kurangi Asupan Karbohidrat Berlebih dengan SOYJOY 2 Jam Sebelum Makan - HEALTHY LIVING - SOYLUTION - HOME
HEALTHY LIVING
02 SEPTEMBER 2016

Cut Carbo : Kurangi Asupan Karbohidrat Berlebih dengan SOYJOY 2 Jam Sebelum Makan

Orang Indonesia hampir tak bisa dipisahkan dari nasi, khususnya nasi putih, sebagai sumber karbohidrat. Tak mengherankan jika konsumsi karbohidrat penduduk Indonesia cenderung tinggi dan berlebihan.

Dengan pola konsumsi karbohidrat berlebih, tidaklah mengherankan jika jumlah pengidap diabetes di Indonesia juga mengalami peningkatan. Karena pola makan yang tidak seimbang dan jarang bergerak bisa mencetuskan obesitas yang kemudian meningkatkan risiko ternyadinyadiabetes.

Untuk itu, penting bagi kita mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan. Mengurangi, namun bukan berarti meniadakan sama sekali, karena karbohidrat tetap diperlukan tubuh sebagai sumber energi.

Sayangnya, masyarakat Indonesia masih banyak yang belum terlalu peduli dengan asupan karbohidrat sehari-hari. Idealnya, orang dengan berat badan normal membutuhkan energi 2150 kkal dan kebutuhan karbohidratnya 325 gram. Namun  faktanya setiap hari masih banyak orang di Indonesia mengonsumsi karbohidrat lebih dari ukuran normalnya. Bagi mereka dengan berat badan berlebih alias gemuk, mesti membatasi kebutuhan kalorinya 1500 kcal, dengan karbohidrat tak lebih dari 180 gram.

Sebagai gambaran, dalam satu mangkuk kecil nasi berukuran 200 gram kira-kira terdapat 80 gram karbohidrat.  Sayangnya, kita sering ‘mencampur’ aneka sumber karbohidrat seperti Mie dan kentang dalam satu piring di saat bersamaan.

Dengan kebiasaan tersebut, tentu asupan kalorinya akan berlebihan dari kebutuhan. Bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukupp, tak heran jika akhirnya kegemukan.

Diet Rendah Karbohidrat Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Menurut penelitian diet rendah  karbohidrat  terbukti lebih efektif mengurangi berat badan dibandingkan dengan diet rendah lemak. Riset menunjukkan, tetap mengonsumsi karbohidrat dengan kandungan serat tinggi dapat menurunkan berat badan secara signifikan sampai dengan dua tahun.

Penelitian yang dilakukan di New Zealand dan Amerika Serikat menunjukkan diet rendah karbohidrat pada orang dengan kelebihan berat badan berhasil menurunkan berat  badan dibanding diet lainnya setelah enam bulan.

Kunci menurunkan berat badan bukan menghindari karbohidrat sama sekali tetapi memilih jenis karbohidrat yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan diet karbohidrat:

1.Pilih karbohidrat yang mengandung serat tinggi, misalnya nasi merah, gandum asli, kacang kedelai, , dan buah. Umbi-umbian juga mengandung serat cukup tinggi.

2. Jika tidak bisa berpisah dengan nasi, boleh tetap makan nasi namun kurangi porsinya. Atau, ubahlah dengan nasi merah yang memiliki serat lebih tinggi.

3. Jika pengurangan porsi nasi akan membuat sebagian orang sulit berpikir atau bahkan kelaparan, siasati dengan konsumsi camilan tinggi serat kira-kira dua jam sebelum makan. Konsumsi camilan tinggi serat ini bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil dan nafsu makan tidak berlebih saat mengonsumsi karbohidrat di waktu makan besar.

4. Saat mengonsumsi makanan, perhatikan nilai Indeks Glikemik (GI) yang dikandung makanan tersebut, apakah masuk kategori Low GI, Medium GI atau High GI.

Makanan yang masuk kategori Low GI antara lain kedelai, singkong rebus, buah , sayur, dan susu. Sedangkan kategori Medium GI misalnya roti gandum, mie, juga nasi merah. Makanan yang masuk golongan High GI antara lain minuman bubble, gula, madu, roti putih, nasi putih.

Terkait dengan konsumsi makanan tinggi serat dua jam sebelum makan besar bisa dengan snacking satu bar SOYJOY. Mengapa? Karena SOYJOY yang terbuat dari kedelai ini merupakan salah satu makanan yang tinggi serat, protein dan memiliki kadar GI rendah.

Terlebih lagi, kedelai yang sudah terbukti low GI ini dapat membantu menjaga gula darah dan membantu mengontrol porsi karbohidrat harian.

Snacking SOYJOY 2 jam sebelum makan dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah kita mengonsumsi karbo berlebih saat jam makan utama tiba.

TOPIC OF THE MONTH
03.10.2017
5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Makan
28.09.2017
7 Alasan Anda Selalu Merasa Lapar
06.09.2017
Superfood Kedelai Untuk Turunkan Berat Badan