PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
Ide Menu Buka Puasa & Sahur untuk Penyandang Diabetes! - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
14 JUNE 2017

Ide Menu Buka Puasa & Sahur untuk Penyandang Diabetes!

Selama menjalankan puasa, tubuh akan kekurangan energi yang bisa membuat Anda merasa lemas selama berpuasa. Kurangnya energi disebabkan karena tidak ada asupan gula dari makanan selama berpuasa. energi selama berpuasa sangat berkaitan dengan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks saat sahur dan berbuka puasa.

Menyusun menu berbuka puasa yang baik bagi penderita diabetes harus memperhatikan beberapa aspek. Bagi seorang penyandang diabetes, berpuasa sangatlah baik untuk menjaga kadar gula dalam darah mereka, dengan catatan memenuhi persyaratan diperbolehkan berpuasa oleh dokter.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan oleh diabetisi di bulan puasa?

  1. Pilih karbohidrat kompleks seperti beras merah, -, sayur, buah & soy food agar membantu menjaga kestabilan gula darah & mengenyangkanlebih lama
  2. Susunan menu (hidangan) tidak berbeda dengan anggota keluarga lain
  3. Pola makan berubah menjadi 2 kali makan utama dan 1 kali snacking setelah sholat tarawih
  4. Makan sahur usahakan dengan hidangan yang lebih menarik, untuk menambah selera  makan.
  5. Buka puasa hidangkan makanan yang segar dan bergizi . Sebaiknya makan tidak berlebihan, bertahap & dikunyah dengan baik.

 

 

Berikut contoh Menu 1500 Kalori untuk Sahur, Buka Puasa, dan Sesudah Shalat Tarawih

Sahur  : Makan Besar ± 40%

Nasi 150 g 1 gelas

Ayam Bumbu Bali 80 g 2 potong kecil

Tempe bacem 50 g 1 otong sedang

Sayur lodeh 100 g 1 mangkuk

Lalapan + sambal sekehendak

Pisang ambon 50 g 1 buah

 

Buka Puasa : Snack & Makan Besar ±50%

 

Sebelum sholat Mahgrib

Sop buah tanpa gula 1 porsi

Sesudah Sholat Maghrib :

Nasi 150 g 1 gelas

Semur daging 50  g 1 potong sedang

Tahu Bumbu rujak 100 g 2 buah sedang

Tumis sayuran 100 g 1 porsi

Telur puyuh 25 g 3 butir

Jeruk 100 g  1 buah

 

Sesudah Tarawih : ±10% Snack

SOYJOY Almond Chocolate  1 bar

 

* Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung berat badan, aktivitas, jenis kelamin, & umur

(Sumber : Kusindrati Sudibyo, MCN, MARS)

Tags: