PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
Konsisten Terapkan Pola Hidup Sehat - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
18 AUGUST 2016

Konsisten Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang susah-susah gampang. Kita mungkin tahu teorinya. Tapi, untuk mempraktikkannya? Belum tentu bisa konsisten. Ada banyak alasan yang bisa kita kemukakan. Umumnya adalah masalah waktu dan kesibukan. Padahal, hidup sehat itu tidak berhenti sampai gagasan. Teori harus dipraktikkan dan agar bisa berhasil, konsistensi adalah kunci.

Menerapkan pola hidup sehat, pertama-tama harus diniatkan benar-benar.

Meski itu tidak nyaman

Meski tidak ada waktu

Meski kita tidak suka berolahraga atau makan makanan sehat

Meski orang lain menyita pikiran dan waktu dengan meminta kita melakukan sesuatu yang lain

Meski kita sedang mengalami hari yang buruk.

 

Bagi Anda, yang sungguh-sungguh berniat menjalankan pola hidup sehat, inilah beberapa tip yang bisa diterapkan agar bisa konsisten setiap hari.

1. Siapkan makanan untuk seminggu.  Gunakan waktu luang di akhir pekan untuk memutuskan dan memasak makanan sehat yang bisa digunakan untuk seminggu. Lebih bagus jika Anda bisa menyiapkannya untuk menu sarapan, makan siang dan malam. Jika tidak setidaknya untuk, salah satu atau dua dari itu.  Rebusan dan sup adalah makanan yang mudah disiapkan. Anda juga bisa mencari menu sehat yang tahan seminggu di internet.

2. Putuskan untuk mengambil jarak yang jauh.

Saat mau ke gym atau belanja, ambillah jarak yang terjauh, bukan  mengambil jalan singkat. Jika Anda tak bisa menempuh seluruh perjalanan dengan berjalan kaki, minimal Anda tempuh separuhnya. Setiap hari, dalam perjalanan ke tempat kerja, berhenti atau parkirlah agak jauh dari kantor dan tempuh sisa jarak dengan berjalan kaki. Selalu cari cara untuk berjalan kaki, atau bersepeda, dan melakukan peregangan di tengah kesibukan Anda.

3. Ajak anak-anak terlibat dalam latihan di rumah atau bermain kejar tangkap dengan mereka. Sementara Anda bergerak aktif, hal ini juga sekaligus mendorong dan mengajar anak untuk  aktif juga. Percayalah, jika mereka sedang aktif, Anda juga akan aktif.

4. Anda adalah koki utama di rumah.  Apa yang Anda siapkan, orang lain akan memakannya. Cobalah untuk membuat makanan sehat dan lezat. Kumpulkan menu yang bervariasi dan internet dan gunakan waktu luang (mungkin di akhir minggu) untuk mempraktikkannya.

5.  Manajemen waktu adalah kunci untuk menjadi konsisten. Jika Anda tak bisa meluangkan waktu ke gym, cari cara lain untuk bergerak aktif di rumah dan kantor dan di manapun. Gerakkan seluruh badan Anda saat menunggu anak mengerjakan PR atau saat menunggu laundry selesai. Efisienlah dengan waktu Anda!

TOPIC OF THE MONTH
03.10.2017
5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Makan
28.09.2017
7 Alasan Anda Selalu Merasa Lapar
06.09.2017
Superfood Kedelai Untuk Turunkan Berat Badan