PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
Menu Makanan Untuk Penyandang Diabetes - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
29 JUNE 2016

Menu Makanan Untuk Penyandang Diabetes

Penyandang diabetes biasanya telah belajar dari pengalaman, menu makanan dan minuman yang mereka pilih dapat berdampak pada kadar gula darah, apakah itu meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kadar gula darah yang terkendali penting artinya bagi penyandang diabetes. Karena alasan inilah, penyandang diabetes harus tahu menu makanan untuk penyandang diabetes yang pas untuk dikonsumsi.

Ada empat komponen dalam makanan yang dapat mempengaruhi gula darah, yaitu karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Karbohidrat meningkatkan gula darah lebih cepat dan memiliki pengaruh terbesar pada glukosa darah dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein atau lemak. Kandungan serat, protein, dan lemak menyebabkan kenaikan gula darah setelah makan. Mengatur dan menjaga keseimbangan yang sehat dari karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan dapat membantu penyandang diabetes mengatur kadar gula darahnya.

Dalam pemilihan karbohidrat, penyandang diabetes harus mengutamakan karbohidrat kompleks, alih-alih karbohidrat sederhana. Karbohidrat yang berkualitas antara lain bisa diperoleh dari sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Sedangkan sumber lemak yang baik bisa diperoleh dari ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, zaitun, minyak zaitun extra virgin, dan minyak canola.

Meski demikian harus diingat, dua orang dengan diabetes dapat memiliki respon berbeda terhadap makanan yang sama. Karena alasan inilah, penyandang diabetes disarankan untuk memeriksa gula darah secara teratur sebelum dan setelah makan dan mencari pola makan yang tepat antara apa yang  dimakan dan minum dan kadar gula darah yang dihasilkan.

Penyandang diabetes mungkin juga ingin memeriksa jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dari setiap kali makan dan mencoba untuk menjaga konsistensi asupan setiap kali makan. Hal ini dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola kadar gula darahnya.

Konsumsi diet yang sehat dan seimbang pada penyandang diabetes tidak berarti harus menjauhkan diri dari makanan yang enak. Yang penting adalah menentukan pilihan menu makanan yang memiliki keseimbangan yang baik dari protein dan lemak serta cukup sumber serat dengan ukuran porsi yang tepat.

Tambahan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, protein, atau lemak dapat juga dimasukkan dalam rencana pola makan penyandang diabetes. Jangan lupa untuk memperhatikan sodium (garam) dalam diet. Selaku baca label makanan dan piih yang kandungan garamnya rendah.

Contoh menu makanan untuk penderita diabetes:

1.Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmel, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.

2. Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.

3. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah.Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.

4. Buah-buahan segar. Jika ingin dijadikan jus, jangan ditambah gula. Biarkan rasa manis hanya diperoleh dari gula asli yang terkandung dalam buah.

5. Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.

6. Boleh mencoba makan popcorn tanpa tambahan gula, garam, atau keju.

7. Produk olahan susu rendah lemak dan telur.

8. Pilih ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.

Menu makanan yang harus dihindari penyandang diabetes

Bagi penderita diabetes, nasi putih harus dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi dibanding sumber karbohidrat lain.

Selain nasi putih,ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari jika ingin kadar gula darah tetap terjaga yakni:

  • Roti tawar putih.
  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  • Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  • Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula.
  • Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi.
  • Daging berlemak.
  • Produk susu tinggi lemak.
  • Hati, ampela, dan organ dalam (jerohan) hewan lainnya.
  • Makanan yang digoreng, misalnya ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, dan kentang goreng. Jauhi juga kulit ayam.
  • Popcorn kaya rasa.

Untuk memastikan kandungan bahan pangan dan minuman, para penyandang diabetes dianjurkan mengonsumsi makanan buatan sendiri.

Selain jeli dalam memilih makanan, penyandang diabetes  juga disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah.

Referensi:

Webmd.com

Sumber: http://www.webmd.com/diabetes/features/diabetes-menu-plan

Tags:
TOPIC OF THE MONTH
18.04.2017
Tips Bijak Pilih Camilan bagi Penyandang Diabetes
20.01.2017
6 Hal Yang Harus Diketahui Oleh Penyandang Diabetes
04.01.2017
Ternyata, Orang Indonesia Tidak Sadar Makan Banyak Karbo