PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
5 Ciri Penyakit Diabetes - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
16 JUNE 2016

5 Ciri Penyakit Diabetes

Kencing manis merupakan salah satu istilah lain dari diabetes melitus. Penyakit ini terjadi karena gangguan kerja yang dialami hormon insulin. Bagi yang masih asing dengan hormone insulin, ini adalah hormon yang mengatur metabolisme glukosa di dalam darah. Permasalahan terjadi ketika hormon insulin mengalami gangguan sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Bisa dibilang diabetes memang disebabkan oleh gula, meskipun terkadang penyebab utamanya bukan hanya karena gula.

Ciri penyakit diabetes antara lain ditandai dengan mudah merasa lapar dan haus. Rasa lapar tersebut juga disertai dengan frekuensi buang air kecil yang cukup sering, berat badan menurun drastis, dan merasa letih dan lesu. Ciri penyakit diabetes beragam tergantung dari jenis diabetesnya:

1. Ciri penyakit diabetes tipe 1

Jenis diabetes ini biasanya menyerang anak-anak dan remaja. Diabetes tipe 1 ini juga dikenal sebagai juvenile diabetes. Ciri penyakit diabetes tipe 1 adalah hancurnya sistem autoimunitas dari sel ?-cells.

Runtuhnya autoimunitas tersebut membuat pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Itulah sebabnya para penyandang diabetes tipe 1 ini sangat bergantung pada terapi hormon insulin.

2. Ciri penyakit diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 paling banyak dialami oleh penyandang diabetes. Sekitar 90-95% penyandang diabetes mengalami diabetes tipe 2. Umumnya penyebab diabetes tipe 2 adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat. Pada penyandang diabetes tipe 2, pankreas masih menghasilkan hormon insulin dengan kadar yang sangat sedikit. Oleh karena itu, diabetes tipe 2 juga dikenal sebagai Non-insulin Dependent Diabetes Mellitus.

3. Ciri penyakit diabetes gestasional

Sebagian besar yang mengalami diabetes gestasional adalah para ibu hamil yang sebelumnya tidak pernah terkena diabetes. Ketika dicek, kadar gula darah dapat melebihi 126 mg/dL. Kadar gula tinggi pada seorang ibu hamil akan diteruskan pada janin lewat plasenta. Akibatnya, setelah lahir bayi memiliki berat badan yang melebihi batas normal dan bayi tersebut juga memiliki risiko diabetes yang diturunkan dari ibunya

Diabetes dipercaya sebagai penyakit keturunan. Padahal, seseorang tanpa riwayat dibetes di keluarganya pun bisa tetap terserang penyakit ini. Namun, dengan pola hidup dan diet sehat, penyandang diabetes bisa tetap menjalani hidup dengan sehat.

4. Ciri komplikasi penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2

Komplikasi jangka pendek dari diabetes tipe 1 dan tipe 2 butuh penanganan segera. Jika tak dirawat segera, kondisi ini dapat menyebabkan kejang dan tak sadar (koma). Komplikasi yang kemungkinan timbul akibat penyakit diabetes tipe 1 dan 2 antara lain:

-       Gula darah tinggi (hyperglycemia).

-       Gula darah rendah (hypoglycemia).

-       Penyakit kardiovaskular.

-       Kerusakan saraf (neuropathy).

-       Kerusakan ginjal (nephropathy).

-       Kerusakan mata. Diabetes dapat merusak pembuluh darah pada retina (diabetic retinopathy), yang berpotensi menyebabkan kebutaan.

-       Kerusakan kaki. Kerusakan saraf pada kaki atau tersendatnya aliran darah ke kaki akan meningkatkan risiko berbagai komplikasi kaki. Jika tak segera ditangani, kaki yang terluka atau melepuh dapat menimbulkan infeksi serius. Jika sudah demikian, tak ada jalan lain kecuali dilakukan amputasi pada jari kaki atau kaki.

-       Infeksi kulit dan mulut. Diabetes membuat penderitanya mudah terkena masalah pada kulit, termasuk infeksi akibat bakteri, infeksi jamur dan gatal-gatal. Infeksi gusi juga berpotensi terjadi, apalagi jika penderitanya tak memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi.

-       Masalah tulang dan persendian. Diabetes membuat penderitanya berisiko mengalami masalah pada tulang dan persendian, misalnya osteoporosis.

5.Ciri komplikasi penyakit diabetes gestational

Kebanyakan wanita yang mengidap diabetes gestational melahirkan bayi yang sehat. Namun, jika kelebihan kadar gula ini tak ditangani dapat memicu masalah pada si ibu dan bayinya. Komplikasi pada bayi dapat terjadi sebagai akibat dari diabetes gestational, seperti misalnya:

• Pertumbuhan berlebih.

• Gula darah rendah.

• Respiratory distress syndrome.

• Sakit kuning.

• Berpotensi mengidap diabetes tipe 2.

• Kematian. Diabetes gestational yang tak tertangani dapat menyebabkan pada bayi baik sebelum lahir atau tak lama setelah dilahirkan.

Referensi:

Mayoclinic.org

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/causes/con-20033091

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/complications/con-20033091

Tags:
TOPIC OF THE MONTH
18.04.2017
Tips Bijak Pilih Camilan bagi Penyandang Diabetes
20.01.2017
6 Hal Yang Harus Diketahui Oleh Penyandang Diabetes
04.01.2017
Ternyata, Orang Indonesia Tidak Sadar Makan Banyak Karbo