PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
5 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
10 JUNE 2016

5 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara menurunkan kadar gula darah secara alami kerap dicari orang karena kadar gula darah tinggi tidak hanya monopoli orang dengan diabetes. Pasalnya orang normal yang tidak terkena kencing manis juga bisa mengalami kadar gula darah tinggi, terutama jika sedang sakit berat. Kami merangkum cara menurunkan kadar gula secara alami dari laman healthmeup.com berikut ini, disimak ya:

1. Patuhi jam makan

Hindari melewatkan jam makan sebab setiap kali kita melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah akan terdorong lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena ketika tubuh kelaparan maka bahan bakar tubuh, yaitu glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Konsumsi karbohidrat sehat


Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

3. Makan kayu manis


Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29 persen. Ini sebuah angka yang baik.  Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt.

Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa lain pada makanan – rasa eksotis yang juga menyenangkan pikiran.

4. Pastikan tidur cukup


Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah. Karena alasan inilah, pastikan bahwa setidaknya tidur 8 jam setiap malam.

5. Konsumsi  lebih banyak kacang-kacangan


Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sementara laman kesehatan Webmd.com menjelaskan, untuk menurunkan kadar gula darah bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik. Dengan bergerak aktif, kita dapat menurunkan kadar gula yang pada akhirnya dapat mengendalikan diabetes. "Anda tidak perlu lari maraton untuk mendapatkan hasilnya," kata Dawn Sherr, RD, dari American Association of Diabetes. "Berjalan, berenang, dan bermain dengan cucu adalah cara-cara yang bagus untuk melakukan aktivitas fisik.” Jika selama ini gaya hidup yang dijalami kurang aktif, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter olahraga atau aktivitas fisik apa yang pas.

Sejumlah aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula antara lain: Berjalan di luar ruangan atau di dalam ruangan, mengikuti kelas dansa, naik sepeda stasioner di dalam ruangan, berenang atau mencoba aerobik air, peregangan, melakukan yoga atau tai chi, bermain tenis, melakukan pekerjaan rumah tangga, tugas lapangan, atau berkebun.

Jika sudah terbiasa, cobalah gabungkan cardio, seperti berjalan atau berenang, dengan peregangan atau gerakan keseimbangan yang memberikan latihan yang lebih baik.

Nah, silakan coba cara menurunkan kadar gula darah secara alami ini. Semoga kadar gula darahmu nantinya lebih terkontrol.

Sumber:

Webmd.com

http://www.webmd.com/healthy-aging/nutrition-world-2/exercise-lower-blood-sugar

Tags:
TOPIC OF THE MONTH
19.06.2017
Strategi Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar
14.06.2017
Ide Menu Buka Puasa & Sahur untuk Penyandang Diabetes!
05.06.2017
Aturan Puasa untuk Penderita Diabetes Melitus