PLEASE WAIT
Thank you
for registering with us
OK
FORGOT PASSWORD
BACK
SIGNUP
  
Date of Birth
/
/
Upload Your Photo
Photo file maximum 2M
Browse
I agree with Terms & Condition
BACK
LOGIN
Forgot Your Password?
or login with
Don't have an Account?
SHARE THIS ARTICLE
Bahan Makanan untuk Mengontrol Gula Darah - DIABETES & ME - SOYLUTION - HOME
DIABETES & ME
03 JUNE 2013

Bahan Makanan untuk Mengontrol Gula Darah

Sebenarnya pola makan yang harus dijalani oleh penyandang diabetes tidak jauh berbeda dengan pola makan sehat yang dijalani mereka yang tidak menyandang diabetes. Yang dibutuhkan penyandang diabetes adalah asupan makanan untuk gula darah dengan gizi seimbang, sayuran dan buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral, serta makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol. Namun ada beberapa bahan makanan untuk gula darah yang tidak hanya memberikan asupan gizi, tapi juga membantu menstabilkan kadar gula darah bagi penyandang diabetes. Beberapa bahan makanan yang mampu menormalkan kadar glikemia dan merupakan suatu metode diet glukosa dalam darah adalah:

 

1. Kedelai

Survei pola makan yang dilakukan pada 64 ribu wanita Cina berumur 40-70 tahun dilakukan selama 5 tahun untuk menemukan hubungan antara kedelai dan penyakit diabetes tipe 2. Hasilnya menyimpulkan bahwa risiko penyakit diabetes tipe 2 berkurang secara signifikan dengan konsumsi kedelai. Konsumsi kedelai dapat mengontrol gula dalam darah, mengurangi pencernaan lemak, serta mengurangi risiko resistensi tubuh terhadap insulin.

 

2.Terong

Menurut National Diabetes Education Program, Mayo Clinic, dan American Diabetes Association, terong kaya serat yang memiliki nilai tingkatan gula darah yang rendah, sehingga dicerna secara bertahap dan membuat kadar gula dalam darah Anda lebih terkontrol. Maka dari itu, terong termasuk makanan untuk mengontrol gula darah yang sangat baik bagi penyandang diabetes tipe 2.

 

3.Cokelat hitam (dark chocolate)

Cokelat hitam alias cokelat dengan kandungan gula yang memiliki nilai tingkatan gula darah yang rendah. Pada orang yang tidak menyandang diabetes, cokelat hitam membantu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, sehingga membantu mencegah diabetes. Cokelat hitam juga meningkatkan metabolisme gula darah dan menurunkan kolesterol pada pasien hipertensi. Jadi, Anda tetap bisa mengontrol gula darah dengan menikmati dark chocolate seperti kacang kedelai yang dibalut chocolate hitam pada varian rasa terbaru SOYJOY Almond & Chocolate.

4.Strawberry

Walaupun rasanya manis, tapi strawberry tidak akan menambah kadar gula darah Anda terlalu banyak. Strawberry selain rendah kalori dan rendah karbohidrat, juga kaya serat dan air sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Pada dasarnya, bahan makanan untuk gula darah yang tepat untuk penyandang diabetes adalah makanan sehat yang kaya serat dan memiliki ukuran potensi meningkatnya kadar gula darah yang berasal dari karbohidratnya rendah sehingga dicerna lebih lama dan membuat Anda kenyang lebih lama. Semakin lama Anda merasa kenyang, berarti Anda akan mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat yang merupakan pantangan makanan untuk gula darah tinggi.

 

 

 

 

Sumber :

Diabetes di Usia Muda – Holistic Health Solution

International Table of Glycemic Index and Glycemic Load Values – Kaye Foster-Powell