SOLUTION

Tips Puasa Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Monday, July 23rd, 2012

SOYJOY Lovers, puasa sudah memasuki hari ke tiga ya. Menjalankan ibadah puasa memang menjadi kewajiban bagi umat Islam, temasuk bagi para penyandang Diabetes. Maka dari itu, perlu diperhatikan hal-hal yang mungkin saja bisa menaikkan kadar gula darah. Nah, apa saja ya yang mesti diperhatikan? Yuk simak beberapa tips puasa sehat bagi penyandang Diabetes di bawah ini, kalau saja kamu mempunyai kerabat atau teman Diabetesi.

Puasa tentunya akan memberikan sedikit perubahan pada pola makan. Karena jika sebelumnya porsi makan tiga kali sehari, kini hanya menjadi dua porsi, yaitu saat sahur dan berbuka. Apabila kondisi tubuh memungkinkan, serta tidak ada halangan atau peringatan dari dokter, penyandang Diabetes bisa menjalankan ibadah puasa seperti biasa. Hanya saja, bagi penyandang Diabetes ada beberapa tips puasa sehat yang sebaiknya diperhatikan ketika menjalankan ibadah puasa.

  • Sesuai anjuran dokter

Apabila penyandang Diabetes memang berniat untuk berpuasa, sebaiknya konsultasi terlebih dulu pada dokter. Karena ada kemungkinan dokter akan mengganti atau mengubah obat yang biasanya dikonsumsi dengan yang sesuai selama berpuasa.

  • Teruskan pengobatan

Selama berpuasa, penyandang Diabetes boleh saja meneruskan pengobatan. Hanya saja pemberian obat serta dosisnya disesuaikan dengan waktu saat puasa.

  • Tambahkan porsi makanan Low GI

Konsumsi porsi makanan Low GI seperti buah, sayur ataupun kedelai sebaiknya ditambah bagi penyandang Diabetes yang berpuasa. Hal ini untuk menghindari lonjakan gula darah yang kerapkali terjadi setelah berbuka. Sebisa mungkin, minum air putih dengan jumlah cukup di malam hari.

  • Pantau gula darah

Tetap pantau gula darah secara ketat. Setidaknya 3 jam setelah buka puasa ataupun sebelum makan sahur dan di siang hari. Jika penyandang seketika merasakan gejala hipoglikemi (saat kadar gula darah di bawah normal), sebaiknya segera memeriksakan diri dan membatalkan puasanya.

  • Atur waktu makan Sahur

Sebaiknya konsumsi makan sahur berdekatan dengan waktu imsak. Pola ini akan membuat gula darah tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa. Konsumsi pula makanan berserat tinggi agar tidak cepat lapar.

Nah, sudah tahu kan tips puasa sehat bagi penyandang Diabetes? Yuk  lakukan dan beritahukan tips puasa sehat di atas khususnya bagi para Diabetesi sebelum menjalani ibadah puasa agar puasa berjalan lebih optimal, khusyuk dan kesehatan pun lebih terjaga.

  
toko otsuka

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.