PREVENTION

Cara Mengatasi Depresi Dengan Makanan Bergizi

Monday, May 14th, 2012

Jika kamu termasuk orang yang sibuk dengan berbagai macam deadline, mungkin kamu harus jeli untuk mengetahui makanan bergizi apa saja yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengatasi depresi dan mencegahnya. Kebanyakan orang mengenal penyebab depresi biasanya terjadi karena tekanan baik dalam diri sendiri maupun lingkungan, tapi ternyata depresi juga bisa muncul dari makanan yang kita konsumsi.

Cara mengatasi depresi ini bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis makanan bergizi. Apabila kondisi kejiwaan kita berada pada posisi yang stabil, tentunya kita akan merasa lebih nyaman dalam melakukan aktivitas. Mencegah depresi bukan saja membuat tubuh kita bekerja lebih optimal, namun lebih dari itu kontrol diri yang baik bisa memberikan pengaruh positif pada hubungan kita dengan sesama. Berikut ini ada beberapa makanan bergizi yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi depresi dan mencegahnya:

  • Ikan Salmon

Bahan makanan ini mengandung DHA/Asam Lemak Omega 3 yang dikenal sebagai bahan makanan yang bisa memperbaiki mood sekaligus bisa mencegah depresi dan berkurangnya daya ingat sejalan dengan bertambahnya usia. Mengkonsumsi ikan salmon tentunya akan lebih baik ketimbang mengkonsumsi obat-obatan antidepresan yang mengandung bahan kimia yang berpengaruh kurang baik bagi organ tubuh.

  • Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan mengandung vitamin E, Arginine ( yang merupakan sejenis asal amino ) serta Magnesium. Kacang kedelai memiliki indeks glikemiks yang rendah, sehingga ia tidak meningkatkan kadar gula darah secara mendadak yang kerap menyebabkan mood gampang berubah.

  • Jeruk & Buah Yang Mengandung Sitrus

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini membantu menurunkan kadar hormon penyebab stress. Apabila kamu rajin mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup, maka kamu akan lebih bisa mengendalikan berbagai situasi dengan lebih tenang.

  • Sayur Hijau

Sayur hijau memiliki kandungan azam folat yang mampu melancarkan aliran darah ke otak. Konsumsilah satu mangkuk sayur berdaun hijau setiap harinya, seperti bayam atau kangkung. Kebiasaan makan makanan bergizi ini bisa membuat kamu terhindar dari depresi.

Nah, ternyata tak butuh biaya mahal kan cara mengatasi depresi ? Selain konsumsi makanan bergizi, berpikir positif juga berkontribusi untuk mengoptimalkan kesehatan kita.

  
toko otsuka

21 Responses to “Cara Mengatasi Depresi Dengan Makanan Bergizi”

  1. nellywardani says:

    sangat bermanfaat

  2. dian_nha says:

    Cocok nih kalo lagi depresi..

  3. HendraEkaPutr4 says:

    wah tenyata makanan berpengaruh juga ya terhadap depresi,thx infonya

  4. bundanamuetz says:

    bagus nich makanan yang dapat mencegah depresi…coba ach

  5. novacarter says:

    aku tidak suka sayur, tapi aku suka kacang2an…

  6. ennifaizah says:

    Waowww… udah enak.. bikin sehat lagi…. kenapa nggak dicoba???… yukkk nyoba achhhh

  7. wina_ronan says:

    Artikel Yg Sangat Bermanfaat,Apalagi Sekarang Orang Mudah Depresi,Mulau Hidup Sehat Dari Sekarang kalau Tidak Ingin Menyesal Di Kemudian hari

  8. nanangsugiarto says:

    Nah, ini yang enak…untuk mencegah depresi cukup makan yg bergizi, yang disarankan pun cukup enak jg rasanya…Ngiler deh…

  9. yessi_oktianil says:

    ARTIKEL YANG SANGAT BERMANFAAT,aq baru tau…..makanan bergizi juga bisa bikin ngilerrrrrrrrrrrr

  10. intanrizki nur septiani says:

    haha iya kalo lagi stress bawaannya pengen makan enak nih, trus mood kembali fresh :D

  11. aslankds says:

    kalo depresi biasanya sih terbawa pingin makan terus :D jadi harus hati2 nih

  12. aprilliaarifiyanti says:

    hihi jd berasa sendiri ya

  13. maharani fitriyantisah says:

    harus masuk daftar menu nih :)

  14. norma ekaapriliana says:

    sangat bermanfaat.. :)
    cocok buat saya yang kuliah kadang stres dengan tugas-tugas ..

  15. hariryanwar says:

    artikel yang bermanfaat banget, izin share ya min

  16. ellenharun says:

    good articles

  17. im3ddy says:

    Sangat Bermanfaat ^^
    @im3ddy

  18. aryoansah says:

    semoga bisa diterapkan..

  19. restydian safitri says:

    Artikel yang sangat informatif nich
    Harus dicoba, biar gak tua sebelum waktunya karena stress.

  20. ciptaningtyasdewi says:

    wah ternyata makanan sangat berperan besar untuk emosi ya.

  21. depzsimorangkir says:

    *noted*

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.